Jumat, 12 September 2008

Bapil....(batuk pilek)

Minggu kemarin jd minggu yg melelahkan buat kami, ceritanya aku terkana bapil, aq dah berusaha menjauh dr anya, tp gimana mungkin, kl dadnya kerja siapa lg yg mau gendong2 anya kl lg rewel..., singkat cerita anya baru kemudian misuaku tertular, hemm.....terus terang aq kawatir bgt,masalahnya ini pengalaman pertama anya sakit, karena hidungnya mampet jd susah tidurnya, meskipun cara2 di bawah ini sudah kami lakukan :



  • menetesan larutan garam murni di hidung ( saline drop), ini sebenarnya manjur cuma anya nangis kenceng kl di tetesin, tp minimal 2 jam hidungnya lega.

  • menguapi ruangan dengan air panas yg di tetesin minyak telon dan kayu putih

  • mengoleskan minyak telon di dada dan punggungnya

  • mematiakan AC kamar

  • menidurkan anya dgn posisi kepala lebih tinggi ( Bantalnya agak tebal)

  • di sedot pakai alat

  • di sedot pakai mulut sama dadnya...hehe

  • di jemur di matahari pagi
Tp memang perlu waktu utk sembuh, cuma karena sayanya agak kawatir, jd sibuk deh kami berdua, meskipun suami dan teman saya bilang bapil itu penyakit biasa apalagi kl di indonesia, sering banget liat anak ingusan sampek meler2...hehe
Karena ini waktunya anya utk imunisasi, akhirnya kami bawa ke DSA, untuk berobat sekalian konsultasi soal waktu imunisasainya, drnya kasih obat tetes hidung sama sirup obat batuk dan pilek. Tadianya kami ga kasih obat buat bapilnya, tapi karena drnya bilang 2 hr lg suruh datang buat imunisasai, jd utk membantu mempercepat proses kesembuhanya kami kasih obat selama 2 hr, karena dgn obat ini anya bisa tidur pulas, dgn istirahat yg cukup bapilnya jd mendingan.
Waktunya tiba untuk imunisasi, kami bawa anya ke DSA lg, drnya bilang, ok kita bisa kasih vaccine, utk empat bulan anya dpt empat vaccine 4 macam sekaligus ( DPT + HBV 2, Rotarix 2, OPV/IPV 2, PCV7 2) , pulangnya di kasih obat penurun panas, paginya badanya anya agak anget, akhirnya kami kasih obat penurun panas, buat saya sebenarnya lebih aman kl sebelum panas di kasih obat penurun panas, karena kl sampai panasnya tinggi resikonya jg byk, cuma krn drnya bilang obatnya di kasihkan setelah 6 jam, jd anya dah anget duluan, jd sibuk lg deh kami....anya rewel terus, karena kawatir panasnya naik aku kompres pakai air hangat, aq baru merasakan sekarang gmn sedihnya ortu kl anaknya sakit.
Sekarang anya dah ceria lg, lega....... rasanya liat anya senyum2 terus.

aq sebenarnya binun dgn cara mengompres yg benar, air anget pa dinggin, kl aku baca2 artikel katanya harus anget jd otak akan menangkap sensor bahwa suhu di luar hangat jd tubuh akan menciptakan hawa dinggin. Tp ada jg yg bilang pakai air dinggin....mana yg benar ya??


1 komentar:

penting_buanget mengatakan...

untuk penurun panas biasax aqu pake air hangat2 kuku untuk diusapin k tubuh n setelah itu gosok dengan minyak telon or kayu putih.