Sabtu, 23 Agustus 2008

Wisata Kuliner di kotaku ( rujak Gandes wonogiri)

Lg pingin makan rujak gandes yg warungnya nyempil di deket perempatan Gudangseng wonogiri, dl waktu masih sekolah sering bgt mkn rujak ini, ada rujak serutnya juga, mantap deh rasanya. Kalau yg saya bikin ini rasanya nggak sama sama rujak Gandes, tp lumayan lah buat obatin rindu, pd dasarnya bumbu rujaknya sama cuma beda yg ngulek, beda lg rasanya, kali ini saya bikin isinya cuma timun, nanas, sama mangga lumayan seger kok.

Di wonogiri banyak yg bisa di kunjungi buat yg suka wisata kuliner, yg paling terkenal dr wng yaitu baksonya, makanya di jakarta jg banyak di jumpai warung bakso wonogiri, coba sekali2 kalau jajan bakso di jkt tanya sama abangnya asalnya dr mana ada kemungkinnan 65 % penjualnya mungkin dr wngr, sampai2 waktu pas kenalan sama org indonesia yg di doha, begitu menyebut kota asal kami langsung nyeletuk, kok nggak jualan bakso!!!
kalua mau coba bakso di sini byk bgt pilihan di antaranya , bakso bang bejo, bakso gajah mungkur, bakso titoti, bakso cengkal dll, nggak ke hitung deh warung bakso di sini...., kalua mau coba makan sate kambing dan tengkleng yg enak, di deket perempatan gudangseng itu nikmat bgt sate sama tengklengnya, suamiku paling suka makan di sini, selain di sini kami kl cari sate di daerah wuryantoro di depan polres, kl dr arah wngr kota ikuti jalur yg ke arah waduk gajahmungkur.

Yg suka makanan dr ayam jg ga usah binggung di wngr, tanya aja, di mana warung Ayam bakar Bu Pur, Ayam Goreng mbok Tiyem, dan kalau sore di bawah Plinteng semar (batu besar sekali yg di sangga satu buah pohon, letaknya di tenggah kota wngr) ada lesehan yg masakanya enak, yg menyediakan ayam bakar, lele, ikan bakar dll, ada juga warung tenda ayam goreng kampung di depan terminal lama, matap deh....

Nah buat yg suka ikan bakar, cari resto di dekat Waduk Gajah Mungkur, di sini banyak berjejer restoran yg menyediakan Nila bakar, ada Rm Pak Glinding, Sari Rasa dan masih byk lagi, biasanya kalua hari libur rame pengunjugnya. Ikan bakar di sini beda penyajianya, nggak kaya di warung2 seafood yg di jakarta, kl di sini ikan sudah di bumbuin dan di masak setengah matang, begitu ada yg beli baru di bakar, di sajikan dng sebakul nasi, lalap dan sambel trsai, asiknya di sini sambil makan kita bisa menikmati pemandangan waduk gajah mungkur, memang rata2 Rm di daerah sini di bangun di pinggir bendungan, jd selain makan pengunjung juga bisa menikmati indahnya alam sambil mendengarkan gending2/ lagu2 jawa yg dimainkan oleh sekelompok penyinden, yg ngamen dr rumah2 makan di sekitar bendungan.





Kalau yg suka cemiilan, tersedia byk kios2 kecil di pasar wonogiri yg jual aneka macam makanan, yg paling byk di cari kl lg ke wngr biasanya kacang mete (mede), memang di sini byk tumbuh pohon mete, sekalipun begitu harga kacang ini masih relatif mahal. Selain kacang mete, byk ragam makanan yg lain spt, emping melinjo, geti, brem, tempe kripik, karak beras (krupuk beras) dll, kl makan2 ini relatif murah, di banding kacang mete. Ada juga semacam sambel yg di buat dr wijen, di bungkus dgn daun pisang dan warnanya hitam org biasa menyebut ini sambel cabuk, entah di daerah lain ada atau nggak, yg jelas di pasar wonogiri byk org jual sambel hitam ini, waktu pertama coba mungkin agak aneh rasanya, tp kl dah biasa makan ngagenin lho....


Ini sekilas cerita tentang kampungku tercinta, yg terletak di bawah hutan2 dan bukit2 kecil.... cu......

12 komentar:

umi mengatakan...

waaaaa mom jadi ngeces ces liat rujaknya...kbetulan d rumah ada mangga muda sama mentimun tinggal ditambah nanas aza...nnt buat aahh sssst pae lg ngidam nih dr minggu kmaren pngen ngerujak mulu, tuh mentimun doi bli sndiri looh ;)

Anonim mengatakan...

duhhh... postingan ini bener2 bikin ngiler. lom makan nihhh...

Anonim mengatakan...

Mom...kesampaian dech maren sore dah bikin rujak hehe.. ni lagi dinikmatin sambil mandanng Anya..sedaaap..

Anonim mengatakan...

Slurppp...rujak nya bikin ngilerrr...kemecerr nih mbak..hayoo tanggung jawab.....aku dibikinin duoong..males nih kekeke
Mbak...kenapa yo...aku nek post di SB nya kok ga bisa terus...pending mulu...jadine via comment ajah dech hehehe...
Btw..jadi pesen kueh nih mbak buat yang di daerah dkt amplaz?
Bisa banget kok mbak..aku sering ke amplas kalo lagi pengen beli mascarpone huehehe...
Japri ke emailku aj yo mba di putria2006@gmail.com

Anonim mengatakan...

wah, yang sambel wijen hitam itu barangkali semacam "Pecel nDeso" kalau di solo ya non?

kan kalo di solo ada yang namanya Pecel nDeso itu, sayur pecelan tapi bumbunya pakai wijen hitam, bukan kacang tanah... sama tidak tuh?

btw, geti itu apa tho?

Emi mengatakan...

nanti ya put..., di japri


Mlandhing...saya blom pernah mkn pecel itu..., tp kemungkinan beda, soalnya kl sambel cabuk ga encer bumbunya, ga bisa buat nyiram.
Kl yg namanya Geti itu makanan dr gula merah dan wijen.Btw di mana bisa beli pecel ndeso??

Anonim mengatakan...

wah, kalo pecel ndeso sudah agak langka mbak... di solo sih kadang masih ada ideran. tapi bisa juga ke waroeng tempo doeloe di pasar mbeling, dekat monumen pers, atau di dekat stadion manahan.

di jakarta sini sih ada juga beberapa resto yang jual...cuma kok gak nyusss banget ya... ini makanya aku sedang nyiapin diri, mau nyoba jualan bumbu pecel ndeso... doain bisa segera diwujudkan ya.

tentara bayangan mengatakan...

uenakkkk tenan, mak nyusssss

Mesin kasir mengatakan...

Wah,mantap sekali,,,,,

Serba Sambal mengatakan...

artikelnya menarik, paling suka kalau bahas kuliner hehehe
kalau ke wonogiri mampir juga ke Serba Sambal diwonogiri tepatnya di jl. diponegoro no.99 wonoboyo wonogiri di perempatan lampu merah pasar pokoh.
www.serbasambal.co.id

Mencegah Septictank Penuh Dengan Starbio Plus mengatakan...

terimakasih gan sangat baik info nya
saya suka blog nya

Unknown mengatakan...

Kemarin saya pulang tapi nyari rujak gandes alamat dimana ya padahal udah ngiler .sepanjang gudang seng aku puterin kok gak nemu..kalau sate nya masih mantap.